Site icon

Wujudkan Budaya Mutu “EDUKATIF” Puskesmas Gribig Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Puskesmas Gribig Kota Malang terletak di Jl. Ki Ageng Gribig No 97 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, memiliki visi Mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas menuju masyarakat sehat dan mandiri serta Misi (1) Memberikan  pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai standar, (2) Mewujudkan lingkungan sehat yang mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Puskesmas ini mencakup 4 wilayah yakni Kelurahan Lesanpuro, Kelurahan Sawojajar, Kelurahan Cemorokandang dan Kelurahan Madyopuro. Puskesmas gribig memiliki motto : “Kesehatan Anda Kebanggan Kami”  dengan Janji Layanan Siap memberikan pelayanan yang berkualitas sevara professional.

Puskesmas Gribig memiliki budaya mutu yakni “EDUKATIF” (Empati, Dedikatif, Unggul, Komitmen, Adil, Tanggung jawab, Integritas, Fleksibel.

Adapun layanan yang diberikan oleh puskesmas Gribig adalah sebagi berikut:

 

JENIS PELAYANAN :

DALAM GEDUNG

  1. Pelayanan Pemeriksaan Umum
  2. Pelayanan Kesehatan Gigi & Mulut
  3. Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak
  4. Pelayanan KB
  5. Pelayanan Imunisasi dan SDIDTK
  6. Pelayanan IVA, IMS
  7. Pemeriksaan Laboratorium
  8. Konseling Kesehatan (Sanitasi dan Gizi)
  9. Pelayanan Tindakan / Gawat Darurat
  10. Pelayanan Obat / Farmasi
  11. Pelayanan Kesehatan Haji

LUAR GEDUNG :

  1. Posyandu Balita, Lansia, Posbindu PTM
  2. UKS
  3. UKGS / UKGMD
  4. Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas)
  5. Promosi Kesehatan
  6. Kesehatan Lingkungan
  7. Upaya Kesehatan Kerja
  8. Survey bila ada KLB.

Yang mendapat Pelayanan :

  1. Peserta Askes/BPJS /KIS/SPM
  2. Masyarakat Umum
  3. Anak Sekolah Wilayah Puskesmas Gribig

 

TENAGA YANG MELAYANI :

  1. Dokter Umum                                     (2 orang)
  2. Dokter Gigi                                          (1 orang)
  3. Bidan                                                    (8 orang)
  4. Perawat                                               (7 orang)
  1. Perawat Gigi                                       (2 orang)
  2. Nutrisionis                                          (2 orang)
  3. Sanitarian                                           (1 orang)
  4. Analis Kesehatan                               (1 orang)
  5. Teknis Kefarmasian                          (2 orang)
  6. Promkes                                             (1 orang)
  7. Administrasi                                      (5 orang)
  8. Sopir                                                    (1 orang)

 

JAM PELAYANAN :

Jam Pendaftaran            :

– Hari Senin s/d Kamis                       : 07.30 – 12.00 WIB

– Hari Jum’at                                       : 07.30 – 10.00 WIB

– Hari Sabtu                                         : 07.30 – 11.00 WIB

Jam Pelayanan

– Hari Senin s/d Kamis                       : 08.00 – 12.30 WIB

– Hari Jum’at                                       : 08.00 – 10.30 WIB

– Hari Sabtu                                         : 08.00 – 11.30 WIB

 TARIF PELAYANAN :

(Berdasarkan Perda Kota Malang No.3 Tahun 2015 Tentang Restribusi Pelayanan Kesehatan).

  1. Tarif Rawat Jalan (Per Kunjungan)
  2. Rawat Jalan : Rp.10.000,-
  3. Rawat Jalan Luar Daerah : Rp.13.000,-
  4. Tarif Pelayanan Kesehatan Khusus
  1. Surat Keterangan Sehat                 : Rp.10.000,-
  2. Pemeriksaan Kesehatan Haji : Rp.20.000,-
  3. Tarif Pelayanan Tindakan Rawat Jalan/Gawat Darurat.
    1. Tindakan Ringan
  1. Tindakan Sedang :
    • Jahit Luka 6-15 jahitan : Rp.50.000,-
    • Pengambilan benda asing : Rp.50.000,-
  2. Tarif Pelayanan KIA dan KB
    1. IVA test : Rp.15.000,-
    2. Suntik KB : Rp.20.000,-
    3. Pemasangan implant                 : Rp.40.000,-
    4. Pelepasan implant : Rp.60.000,-
    5. Pemasangan IUD : Rp.60.000,-
    6. Pelepasan IUD : Rp.80.000,-
  3. Tindakan Medis Gigi dan Mulut.
    1. Tindakan Sederhana :

Cabut gigi susu tanpa suntikan, angkat jahitan, tumpatan sementara                 : Rp.15.000,-

  1. Tindakan Kecil :

Tambalan tetap (Amalgam)   : Rp.50.000,-

Tambalan (composit)               : Rp.70.000,-

Pembersihan karang gigi

per rahang                                    : Rp.50.000,-

  1. Tindakan Sedang:

Cabut gigi tetap                          : Rp.30.000,-

Cabut gigi susu dg suntikan    : Rp.20.000,-

  1. Tindakan Besar :

Cabut gigi dg komplikasi          : Rp.100.000,-

  1. Pemeriksaan Laborat.
    1. Darah lengkap : Rp.35.000,-
    2. Golongan Darah : Rp.10.000,-
    3. Hemoglobin                 : Rp.10.000,-
    4. Hitung Trombosit : Rp.10.000,-
    5. SGOT : Rp.20.000,-
    6. SGPT : Rp.20.000,-
    7. Ureum / BUN : Rp.20.000,-
    8. Creatinin : Rp.20.000,-
    9. Cholesterol : Rp.20.000,-
    10. HDL Cholesterol : Rp.20.000,-
    11. LDL Cholesterol : Rp.20.000,-
    12. Trigliseride                 : Rp.20.000,-
    13. Asam Urat : Rp.20.000,-
    14. Glukosa Sewaktu/Puasa/2jpp: Rp.10.000,-
    15. Widal : Rp.20.000,-
    16. Urine Lengkap : Rp.10.000,-

 

  1. Plano Test/Tes Kehamilan : Rp.10.000,-
  2. Tes Narkoba 3 Parameter : Rp.75.000,-
  1. Pemeriksaan / tindakan Lainnya :
    1. EKG   : Rp. 20.000,-
    2. Nebulizer   : Rp.25.000,-
  2. Ambulance :
    1. Dalam Kota : Rp.75.000,-
    2. Luar Kota   : Rp.75.000,- +Rp.25.000,- (tiap 10 km)

 

JADWAL PELAYANAN :

No. JENIS PELAYANAN WAKTU
1 PEMERIKSAAN UMUM Setiap hari ( Senin s/d Sabtu)
2 PELAYANAN GIGI & MULUT Setiap hari ( Senin s/d Sabtu)
3 PELAYANAN KIA – KB Setiap hari ( Senin s/d Sabtu)
4 IMUNISASI BAYI, BALITA ,BUMIL DAN TT CALON PENGANTIN.

KHUSUS BCG

Hari Rabu dan Sabtu

 

Setiap hari Sabtu

5 KONSELING KESEHATAN SANITASI Hari Senin dan Jumat
6 KONSELING KESEHATAN GIZI Setiap hari ( Senin s/d Sabtu)
7 PEMERIKSAAN HAJI Setiap hari ( Senin s/d Sabtu)
8 LABORATORIUM Setiap hari ( Senin s/d Sabtu)
9 PEMERIKSAA IVA / IMS Setiap hari ( Senin s/d Sabtu)
10 TINDAKAN GAWAT DARURAT Setiap hari ( Senin s/d Sabtu)
11 PELAYANAN OBAT/FARMASI Setiap hari ( Senin s/d Sabtu)
12 PELAYANAN PENGADUAN Setiap hari ( Senin s/d Sabtu)

 

HAK PASIEN :

  1. Memperoleh Informasi tentang pelayanan kesehatan yang berlaku di Puskesmas Gribig
  2. Mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan
  3. Meminta konsultasi medis
  4. Mendapatkan informasi atas penyakit yang diderita, tindakan medis yang dilakukan, kemungkinan penyulit sebagai akibat tindakan medis dan cara mengatasinya.
  5. Menyetujui atau menolak atas tindakan medis yang dilakukan, kecuali untuk kasus Kejadian Luar Biasa (KLB)
  6. Menyampaikan keluhan, kritik, atau saran.
  7. Menolak atau tidak melanjutkan pengobatan atau tindakan
  8. Memilih tenaga kesehatan bila memungkinkan

 

KEWAJIBAN PASIEN DAN KELUARGA :

  1. Membawa identitas diri (fc KTP / KK) untuk pasien baru, pasien lama membawa kartu berobat (layanan umum),

Kartu Askes /BPJS /KIS (yang FKTP nya di Puskesmas Gribig)

  1. Membayar biaya pelayanan sesuai tarif Perda Kota Malang No. 3 tahun 2015 untuk pasien umum
  2. Mengikuti Alur Pelayanan di Puskesmas
  3. Tidak merokok selama di lingkungan Puskesmas Gribig
  4. Mentaati peraturan pelayanan sesuai standar pelayanan di Puskesmas Gribig

 

PENGADUAN, KRITIK & SARAN,bisa disampaikan melalui :

  1. Pengaduan Langsung ke Puskesmas Gribig
  2. Menulis di kotak saran (dekat pintu masuk)
  3. Telpon ke no. 0341 – 718165
  4. Email : pkmgribig.mlg@gmail.com
  5. SMS/WA ke : drg. Dinna (081333007505), Pitono (081334407186), Dyah A (085746667714
Exit mobile version